Home Olahraga Kejurnas Gantole Hiasi Langit Sawahlunto

Kejurnas Gantole Hiasi Langit Sawahlunto

Ditabuh Resmi oleh Danlanud Sutan Sjahrir Kolonel PNB Eko Sujatmiko

0
BERBAGI
Danlanud Sutan Sjahrir Kolonel PnB Eko Sujatmiko usai menyampaikan amanat Kejurnas Gantole Seri 3.
Danlanud Sutan Sjahrir Kolonel PnB Eko Sujatmiko usai menyampaikan amanat Kejurnas Gantole Seri 3.

Sebanyak 56 pilot layang gantung (gantole) menghiasi langit Bukik Guguak Gadang, Desa Batu Tanjuang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar). Kejuaraan nasional seri tiga, sekaligus kegiatan Dinas Potensi Dirgantara (Binpotdirga) Lanud SUT tersebut dibuka secara resmi oleh Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kolonel PnB, Eko Sujatmiko.

Para atlet berasal dari berbagai daerah selain dari Sumbar, diantaranya ada dari Jawa Barat, Papua, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten. Danlanud Sutan Sjahrir, Eko Sujatmiko mengatakan, lewat kejurnas ini diharapkan para pilot Indonesia dapat turut serta dalam kejuaraan internasional. Tentunya ini merupakan tantangan berat bagi para pelatih agar lebih giat lagi membimbing.

Sudah barang tentu dengan memberikan materi pengetahuan peralatan navigasi udara, latihan lapangan serta pengetahuan terhadap dunia penerbangan.

“Harapan kita bersama demikian, agar para atlet mempunyai skill yang baik,” ujar Eko, saat memberikan sambutan, Selasa (29/11/2017).

Eko, juga sebagai Ketua Umum Federasi Aero Sport Indonesia (Ketum FASI) Sumbar menerangkan, jika saat ini gantole telah berkembang pesat, dimana olahraga aerosport kian bertambah. Bahkan sudah ada di beberapa daerah di Indonesia. Arena pun dapat memberikan ruang positif bagi daerah ditiap spot untuk melaksanakan olahraga tersebut. Secara tidak langsung menunjang atau mendongkrak perekonomian daerah di Indonesia lewat kepariwisataan.

“Berwisata sembari berolahraga serta berdampak positif bagi masyarakat daerah,” ungkap Eko, yang mewakili Kadispotdirga.

Ia pun memberikan semangat kepada para pilot yang bertanding untuk menjaga sportifitas serta mengutamakan keselamatan dan akurasi dan enekankan kepada para dewan juri benar-benar memberikan nilai secara akurat.

Saat pembukaan tersebut juga dihadiri Walikota Sawahlunto, Dandim, Kapolres, unsur Forkompinda, tokoh masyarakat dan masyarakat Sawahlunto sekaligus menonton aksi para pilot yang bertanding.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here