Home Berita Sawahlunto Jajaki Kerjasama Wisata dengan Den Haag

Sawahlunto Jajaki Kerjasama Wisata dengan Den Haag

0
BERBAGI
Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf (Randy/detikTravel)
Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf (Randy/detikTravel)

Berbagai cara dilakukan untuk mempromosikan wisata di Sawahlunto. Pemkot Sawahlunto juga menjajaki kerjasama dengan Den Haag, Belanda.

Hal itu pun diungkapkan oleh Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf dalam Diskusi Nasional Pariwisata Sawahlunto di Aula Diklat ESDM Ombilin Sawahlunto, Kamis (30/11/2017). Dijelaskan oleh Ali, bahwa Den Haag memiliki kemiripan dengan Sawahlunto.

“Dalam rangka percepatan pengembangan daerah sekarang ini perlu membangun jaringan kerja sama dengan siapa saja, pihak ketiga swasta dan luar negeri. Salah satu momennya bagaimana kita bisa menggandeng kota yang identik dengan kita, salah satunya adalah Den Haag, salah satu kota yg mirip dengan Sawahlunto,” ujar Ali.

Selain memiliki kemiripan fisik dengan Den Haag, sejarah tambang di Sawahlunto juga tidak terlepas dari pendudukan Belanda di tahun 1850 silam. Kunjungan ke Belanda hingga upaya kerjasama dengan pemerintah pusat juga telah dilakukan.

“Tolong difasilitasi agar Sawahlunto bisa kerjasama dengan Den Haag. Kiranya support yang kita dapat promosi daerah di luar negeri,” tutup Ali.

Bukan tidak mungkin kalau ke depannya Sawahlunto akan menjadikan Den Haag sebagai Sister City. Dengan cara itu nama Sawahlunto akan semakin dikenal di taraf internasional dan wisatawan asing. (rdy/fay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here